Nissan Sandingkan Mobil Listrik Tertua Dan Terbarunya

Nissan Sandingkan Mobil Listrik Tertua Dan TerbarunyaNissan Sandingkan Mobil Listrik Tertua Dan Terbarunya

Wacana tentang mobil listrik, sedang menggila di dunia otomotif. Produsen beramai-ramai mencipta mobil listrik, demi menyambut era baru transportasi bebas emisi. Walaupun baru sekarang produsen gencar menggarap mobil listrik, namun teknologi di balik mesin listrik sudah sangat tua.

Nissan, misalnya, sekarang mungkin ia punya Leaf. Hatchback bermesin listrik yang lahir di 2010 ini adalah mobil listrik terlaris di dunia. Berbagai pernghargaan bergengsi sudah sering diraihnya. Leaf memakai motor listrik yang sanggup melaju sejauh 243 km. Tenaga yang dihasilkannya 149 PS dengan torsi puncak 320 Nm. Jauh sebelum Leaf, ternyata Nissan sudah punya mobil listrik.

Prince Motors Tama

Paska-Perang Dunia ke-II (PD-II), bahan bakar minyak (BBM) menjadi barang langka di Jepang. Produsen mobil memutar otak untuk mencari sumber energi alternatif sebagai penggerak moda transportasi. Prince Motors, yang kemudian berubah menjadi Nissan, datang dengan ide yang inovatif ketika itu. Lahirlah Tama, truk mungil dua pintu yang menyediakan ruang cukup untuk dua orang penumpang dan daya angkut hingga 450 kg barang di bagasinya.

Tama digerakkan motor listrik bertenaga 4,5 PS, yang tenaganya disuplay baterai listrik 40 volt. Memang tenaga yang dihasilkan tidak seberapa, tapi mobil ini mampu melaju hingga kecepatan maksimal 35 kpj sejauh 65 km. Sekali lagi, untuk ukuran zaman sekarang, mungkin catatan ini tidak ada apa-apanya. Tapi pada 1947, ini luar biasa.

Lebih menariknya lagi, proses pembuatan Tama ketika itu, masih dilakukan oleh produsen mobil listrik lain hingga kini. Misalnya, baterai listrik diletakkan di bagian lantai mobil untuk menghasilkan center of gravity serendah mungkin.

Tema mobil listrik memang menjadi perhatian utama Nissan. Bagian dari aliansi Renault-Nissan-Mitsubishi ini, ingin menjadi pemimpin pasar mobil listrik dunia. Satu juta unit mobil listrik ditargetkan terjual di 2020. Ide menyandingkan mobil listrik tua hasil restorasi, Tama dengan mobil listrik terbaru mereka, Leaf, menjadi konsep yang menarik. Nissan seolah ingin menunjukkan, mereka punya sejarah yang panjang sebagai produsen mobil listrik.

SUMBER  : oto.com

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *