Cara Mengemudi Mobil Yang Aman Bagi Pemula

Cara Mengemudi Mobil Yang Aman Bagi PemulaCara Mengemudi Mobil Yang Aman Bagi Pemula

Bagaimana perasaan Anda ketika pertama kali mengendarai mobil? Siapapun yang mulai mengemudi akan memiliki banyak perasaan: senang, tegang khawatir/gelisah, tidak percaya diri, kadang – kadang punya perasaan campur aduk. Perasaan tersebut dapat mempengaruhi kemampuan mengemudi Anda. Oleh karena itu, untuk menjamin keamanan diri sendiri dan orang lain dalam lalu lintas, Anda harus memiliki kondisi jiwa yang stabil. Selain itu, Anda juga perlu mengetahui cara mengemudi mobil yang aman.

1. Memilih kendaraan yang sesuai

Bagi Anda yang mulai mengendarai mobil maka pemilihan kendaraan yang cocok akan membantu Anda mengendarai lebih mudah. Usahakan memilih mobil yang mudah digunakan misalnya mobil kompak, mesin berkapasitas kecil dari 1.0 liter sampai 1.4 liter, biaya perbaikan mobil yang murah atau mobil pick up, dengan bodi yang ramping Anda lebih mudah mengendalikannya.

Mobil berkapasitas besar, kinerja yang tinggi, atau mobil mewah, mahal yang berkekuatan besar, kemampuan untuk mempercepat yang berpuasa, hal tersebut menyebankan pengaruh negatif untuk pemula, membuat rasa terlalu percaya diri. Hal ini membuat Anda mengemudi dengan kecepatan tinggi, akselerasi, sedangkan keterampilan Anda tidak mampu menangani masalah dan mungkin menyebabkan kecelakaan serius.

2. Melakukan latihan dan mencari tahu kendaraan

Dengan latihan secara rutin sudah bisa membantu Anda untuk memperlancar dalam mengemudi mobil. Pertama, Anda perlu mengetahui tentang teori mengemudi mobil yang benar. Kedua, sebelum Anda mulai mengemudi mobil, Anda harus  mengetahui fungsi dasar komponen komponen yang ada pada mobil yang Anda akan kendarai. Ketiga, Anda harus belajar mengemudi kendaraan di tanah lapangan dulu, selain tempatnya yang luas di lapangan tidak ada kendaraan lain yang lewat. Keempat, Anda juga perlu menyesuaikan kursi pengemudi, roda kemudi, kaca spion sehingga postur mengemudi. Sabuk pengaman juga salah satu hal yang perlu diingat untuk memastikan keamanan saat terjadi kecelakaan.

Kelima, mempelajari cara dasar terlebih dahulu seperti halnya bagaimana cara mematikan atau menghidupkan mesin mobil, kemudian memulai dengan hal – hal yang mudah yaitu memajukan dan mundurkan mobil, belok ke kanan dan ke kiri. Mencoba hal – hal yang agak sulit seperti memutar mobil, memindah gigi dari gigi 1 ke gigi 2 atau ke gigi 3 hingga hafal dan bagaimana cara mengurangi gigi.

3. Mengamati lalu lintas dan mengontrol kecepatan saat mengemudi

Kendalikan kecepatan adalah hal yang sangat penting bagi pengendara mobil pemula. Jika ingin memiliki kemampuan melakukan akselerasi dan mengerem dengan halus, Anda harus mengasah intuisi untuk memperkirakan seberapa dalam dan kapan Anda harus menginjak gas atau rem. Hindari menginjak gas atau pedal rem terlalu dalam. Khususnya, ketika mengemudi untuk pertama kalinya tidak boleh mengendarai dengan percepatan yang mendadak atau kecepatan yang tinggi, melakukan latihan mengemudi yang benar pada kecepatan rendah, kemudian secara bertahap meningkatkan kecepatan.

Tentang pandangan lurus ke depan, ketika seseorang baru pertama kali mengemudikan mobil, pada umumnya sulit mengukur jarak mobil di sekitarnya. Usahakan menjaga pandangan tetap lurus agar laju kendaraan stabil.

Ketika mengemudi, kita sering menaruh terlalu perhatian di bagian depan tapi jangan lupa untuk mengamati kaca spion. Biasakan melihat kaca spion untuk mengamati 2 sisi dan belakang mobil, dengan demikian, menghindari situasi terjadi tiba-tiba di dua sisi mobil.

4. Tenang dan fokus

Salah satu faktor yang sangat penting dalam menjamin keselamatan saat mengemudi adalah pegangan emosi yang stabil serta tenang. Belajar mengemudi memang membutuhkan usaha ekstra. Dan hal pertama yang perlu diperhatikan ketika mengendarai mobil adalah tenang namun Anda tak perlu bingung atau gugup. Jika Anda masih berada dalam tahap berlatih, pelatih dari kursus setir atau orang terdekat akan memandu sepanjang perjalanan. Sikap tenang dan tetap fokus akan membantu Anda selama di jalan. Jangan biarkan kekhawatiran dan panik menguasai pikiran Anda.

SUMBER  : cintamobil.com

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *