Bos Toyota Astra Motor Sambut Kehadiran Nissan Terra

Bos Toyota Astra Motor Sambut Kehadiran Nissan TerraBos Toyota Astra Motor Sambut Kehadiran Nissan Terra

Nissan Terra sudah dikenalkan di Cina dan Filipina. Sementara di tanah air, peluncuran rival Toyota Fortuner dan Mitsubishi Pajero Sport ini, tinggal menunggu waktu. Kemungkinan, PT Nissan Motor Indonesai (NMI) menjadikan Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2018 sebagai ajang perkenalan pertama kali ke konsumen lokal.

Walau bakal kedatangan rival baru, Toyota rupanya tidak khawatir. Mereka justru menyambut baik kemunculan SUV 7-seater anyar buatan Nissan itu. “Ya bagus dong. Pesaing itu membuat pilihan konsumen jadi lebih banyak dan bisa menggairahkan pasar. Selalu jadi feedback buat kami untuk terus berkembang,” ujar Vice President Director PT Toyota Astra Motor (TAM), Henry Tanoto saat ditemui beberapa waktu lalu.

Padahal, sebagai lawan, Nissan Terra dibekali banyak fitur bila dibanding Toyota Fortuner. Di Filipina, varian tertingginya punya spesifikasi keselematan yang mantap lewat Nissan Intelligent Mobility. Di dalamnya meliputi Lane Departure Warning (LDW), Blind Spot Warning (BSW), Smart Rear View Mirror (SRVM) dan Intelligent Around View Monitor (IAVM) dengan Moving Object Detection. LDW berfungsi memperingatkan pengendara saat berpindah jalur tanpa menekan tuas sein. BSW membantu agar Anda mengetahui kondisi kendaraan lain yang ada di belakang. Guna SRVM, menggantikan tampilan spion tengah dengan layar monitor agar tampilan belakang lebih luas. Terakhir IAVM bermanfaat untuk melihat keadaan sekeliling 360 derajat.

Tak ketinggalan ada Hill Start Assist dan Hill Descent Control yang membantu pengendalian saat di jalan menanjak dan menurun. Tersedia pula 6 airbag, siap melindungi penumpang di kabin jika terjadi tabrakan.

Spesifikasi mesinnya luar biasa. Berkapasitas 2.500 cc turbodiesel, sanggup menggelontorkan tenaga maksimal 191 PS dan torsi puncak 450 Nm. Di atas kertas mengungguli semua lawan-lawannya. Fortuner cuma sanggup menelurkan tenaga 163 PS, sementara Pajero Sport Dakar 181 PS. Sistem penggerak Terra di Filipina tesedia dalam dua opsi: gerak roda belakang (RWD) dan gerak empat roda (4WD) part time. Transmisinya bisa pilih manual 6-speed atau otomatis 7-speed.

Terkait dimensi, Nissan Terra pun punya bodi dan jarak sumbu roda paling panjang. Perbedaan panjang bodinya mencapai 87 mm dibanding Toyota Fortuner dan 97 mm dari Pajero Sport. Soal sumbu roda, gapnya 50 mm dengan Pajero sport serta 150 mm lawan Fortuner. Lewat data itu, kabin Terra diklaim terasa lebih lapang dibanding kompetitor. Keunggulan lain, cukup tekan satu tombol, maka kursi baris ketiga mobil bongsor ini terlipat sendiri untuk menghasilkan bagasi yang lega.

SUMBER  : oto.com

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *